PENDAHULUAN
Latar Belakang saya membuat
tugas ini adalah untuk memenuhi nilai dari Mata Kuliah Soft Skill Teori
Organisasi Umum dan juga untuk menambah ilmu untuk diri saya sendiri mengenai
Organisasi.
Di tugas kedua ini saya
mendapatkan tugas untuk menjelaskan tentang :
- Ciri-ciri organisasi
- Unsur-Unsur organisasi modern
- Teori Organisasi
- Pendapat tentang organisasi yang baik
Apabila dalam penulisan tugas ini masih ada salah dalam penyebutan kalimat maupun penjabarannya saya meminta maaf , melihat saya sendiri hanyalah mahasiswa yang masih dalam tahap belajar. Semoga tugas saya ini tidak hanya bermanfaat kepada diri saya sendiri tetapi dapat bermanfaat bagi kita semua.
Pengertian, Ciri - Ciri dan
Unsur Organisasi
Pengertian Organisasi
Memahami pengertian organisasi
penting karena dapat membantu kita untuk membentuk suatu tim kerja atau
aktifitas tertentu. Organisasi identik dengan invidu ataupun sekelompok
individu yang terstruktur dan sistematis yagn tergabung dalam suatu system.
Pengertian organisasi adalah wadah untuk sekelompuk individu untuk berinteraksi
dalam wewenang tertentu. Organisasi yang dibentuk terdiri dari berbagai
kelompok yang memiliki kepentingan bersama untuk mencapai tujuan tertentu
secara bersama.
Siapapun memerlukan pengalaman
dalam organisasi, ini dikarenakan manusia adalah makhluk social yang pasti akan
berinteraksi dengan yang lain. Dengan bekerja sama dengan yang lain maka
pekerjaan akan terasa lebih ringan. Selain itu pekerjaan atau tugas akan lebih
cepat terselesaikan dibandingkan kita hanya bekerja seorang diri.
Ciri-ciri Organisasi
Ciri-ciri dari organisasi
adalah :
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan).
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
- Mempunyai tujuan , dan sasaran.
- Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
- Adanya komunikasi antar suatu anggota dengan yang lain.
Menurut Berelson dan
Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
Formalitas, merupakan ciri
organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada
peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan,
strategi, dan seterusnya.
Hierarkhi, merupakan ciri
organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang
berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan
dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada
organisasi tersebut.
Besarnya dan Kompleksnya, dalam
hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga
hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini
biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
Lamanya (duration), menunjuk
pada diri bahwa eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan
orang-orang dalam organisasi itu.
Unsur-unsur Organisasi
Organisasi memiliki unsur-unsur
tertentu, yaitu :
Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama, artinya :
Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama, artinya :
Organisasi merupakan suatu
wadah atau tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan
yang telah ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi saat bagi orang-orang untuk
melaksanakan suatu kerja sama, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaimana
cara bekerja sama tersebut akan dilaksanakan. Pengertian tempat di sini dalam
arti yang konkrit, tetapi dalam arti yang abstrak, sehingga dengan demikian
tempat sini adalah dalam arti fungsi yaitu menampung atau mewadai keinginan
kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian
umum, maka organisasi dapat berubah wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai
tujuan tertentu misalnya organisasi buruh, organisasi wanita, organisasi
mahasiswa dan sebagainya.
Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang, artinya :
Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang, artinya :
Suatu organisasi, selain
merupakan tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama sedikitnya antar
dua orang. Dalam praktek, jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak
orang, maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna dengan kata lain
proses kerja sama di lakukan dalam suatu organisasi, mempunyai kemungkinan
untuk di laksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi
maka proses sama itu hanya bersifat sementara, di mana hubungan antar kerja
sama antara pihak-pihak bersangkutan kurang dapat diatur dengan sebaik-baiknya.
Jelas tugas kedudukannya masing-masing, artinya :
Jelas tugas kedudukannya masing-masing, artinya :
Dengan adanya organisasi maka
tugas dan kedudukan masing-masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang
lain akan dapat lebih jelas, dengan demikian kesimpulan dobel pekerjaan dan
sebagainya akan dapat di hindarkan. Dengan kata lain tanpa orang yang baik
mereka akan bingung tentang apa tugas-tugasnya dan bagaimana hubungan antara
yang satu dengan yang lain.
Ada tujuan tertentu, artinya :
Ada tujuan tertentu, artinya :
Betapa pentingnya kemampuan
mengorganisasi bagi seorang manajer. Suatu perencana yang kurang baik tetapi
organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan
yang baik tetapi organisasi tidak baik
Lingkungan (Environment)
Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan misalnya
keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy),
strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah
ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu.
Peralatan (Equipment)
Peralatan (Equipment)
Unsur yang keempat adalah
peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi,
mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
TEORI ORGANISASI
Teori Organisasi muncul pada
abad 19 yang dilatar belakangi oleh revolusi Inggris dan kelahiran perusahaan
raksasa yang ada di Amerika Serikat.
Teori klasik
kadang disebut teori tradisional yang berisi konsep-konsep tentang organisasi
mulai tahun seribu elapan ratusan.Dalam hal ini,organisasi secara
umum digambarkan oleh para teoritis klasik sebagai sangat sentralisasi dan
tugas-tugasnya terspesialiassi,serta menberikan petunjuk mekanisme structural
yang kaku tidak mengandung kreatifitas. Teori klasik berkembang dalam 3 aliran
yang dibangun atas dasar anggapan-anggapan yang sama dan mempunyai efek yang
sama, yaitu :
- Teori birokrasi : Dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic and spirit Capitalism
- Teori administrasi : Dikembangkan atas dasar sumbangan Henry Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reiley dari Amerika
- Teori manajemen ilmiah : Dikembangkan mulai tahun 1900 oleh Federick Winslow Taylor
Teori organisasi Neoklasik. Teori neoklasik dikenal sebagai teori hubungan
manusiawi dan dikembangkan atas dasar teori klasik.Anggapan dasar teori ini
adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai
individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya,sebagai sekelompok orang
dengan tujuan bersama. Percobaan-percobaan di Howthrone yang dilakukan dari
tahun 1924 sanmpai 1932 menandai permulaan perkembangan teori hubungan
manusiawi.Percobaan ini merupakan kristalisasi teori neokalsik.Penemuan
Howthrone telah menambah dimensi baru bagi teori organisasi.Dan pada
akhirnya percobaan-percobaan Howthrone menunjukkan bagaimana kegiatan
kelompok-kelompok kerja kohesif sangat berpengaruh pada operasi organisasi.
Teori Organisasi Neoklasik
dalam pembagian kerja diperlukan hal-hal
berikut :
- Partisipasi , yaitu melibatkan setiap orang dalam pemrosesan pengambilan keputusan.
- Perluasan kerja (Job Enlargement) sebagai kebalikan dari pola spesialisasi
- Manajemen bottom-up yang akan memberikan kesempatan kepada junior untuk berpatispasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak.
- Partisipasi , yaitu melibatkan setiap orang dalam pemrosesan pengambilan keputusan.
- Perluasan kerja (Job Enlargement) sebagai kebalikan dari pola spesialisasi
- Manajemen bottom-up yang akan memberikan kesempatan kepada junior untuk berpatispasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak.
Teori organisasi modern disebut juga analisa system pada organisasi merupakan aliran terbesar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen.Teori ini melihat bahwa semua unsure organisasi merupakan satu kesatuan dan saling ketergantungan yang didalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil,tetapi organisasi merupakan system yang terbuka.
Pendapat tentang organisasi
yang baik
Pendapat saya adalah ,
Organisasi yang baik harus mempunyai tujuan dan sasaran dibentuknya organisasi
tersebut. Dan organisasi yang baik mepunyai struktur anggota yang jelas agar
setiap anggota punya kedudukan dan tugasnya dimasing-masing tempat , apabila
sudah mempunyai struktur anggota yang jelas maka organisasi tersebut akan jauh
lebih mudah untuk mengatur tugas tiap-tiap anggotanya. Didalam berorganisasi
tiap-tiap anggotanya harus memiliki kerjasama yang baik apabila ada usulan dari
masing-masing anggota untuk suatu hal yang memajukan organisasi tersebut maka
harus dilakukan musyawarah terlebih dahulu agar mencegah terjadinya perpecahan
diantara anggota-anggota organisasi. Dan setiap anggota yang pendapatnya kurang
mendapat support anggota yang lain maka orang tersebut harus menerima dengan
lapang dada dan tidak egois , karena tujuan diadakannya musyawarah tersebut
juga untuk memajukan organisasi itu.
ANALISIS
Organisasi merupakan sebuah
sekumpulan orang orang yang terbagi dalam beberapa kelompok dimana mereka semua
memiliki tujuan yang sama serta saling bekerja sama untuk mencapai tujuan
tersebut. Dari penjelasan ciri - ciri diatas organisasi tidak dapat terbentuk
dari satu orang, karena di dalam organisasi harus terdapat minimal 2 orang yang
terdiri dari atasan dan bawahan. Kemudian organisasi tidak dapat terbentuk jika
suatu organisasi tersebut tidak memiliki tujuan dan sasaran yang jelas serta
suatu organisasi akan menjadi berantakan apabila di dalam organisasi tersebut
tidak memiliki suatu tata tertib, wewenang dan pembagian tugas bagi para
anggota organisasi.
REFERENSI
http://agungzetiadji.blogspot.co.id/2012/10/teori-organisasi.html
https://gerald85joshua.wordpress.com/2013/10/17/pengertian-ciri-ciri-unsur-unsur-teori-organisasi/
https://maliqren.wordpress.com/2011/11/27/ciri-ciri-organisasi/
0 komentar:
Posting Komentar